DETERMINAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B (0-7 HARI) DI WILAYAH PESISIR KELURAHAN LEMO KABUPATEN BUTON UTARA TAHUN 2010

Tujuan utama pembangunan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan secara berkelanjutan adalah melalui pembangunan kesehatan. Upaya perbaikan kesehatan antara lain dilakukan melalui pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, penyehatan lingkungan pemukiman dan perbaikan gizi masyarakat. Berbagai upaya pembangunan kesehatan telah diupayakan oleh pemerintah bersama masyarakat, namun penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan masyarakat termasuk penyakit hepatitis B. Upaya pelayanan promotif dan preventif akhir – akhir ini lebih ditingkatkan terutama bagi penyakit menular yang masih menjadi masalah di negara sebagai dampak globalisasi dunia yang membawa perubahan dalam berbagai segi kehidupan manusia (Depkes RI, 2005).

Perubahan lingkungan sosial budaya memberikan dampak positif dan negatif terhadap pola penyakit yang ada dalam masyarakat. Meningkatnya hubungan transportasi dan komunikasi antar negara dewasa ini merupakan ancaman yang pontesial bagi kejadian penyakit menular bagi negara lainnya (Noor, 2006). Salah satu penyakit menular berbahaya di Indonesia adalah penyakit hepatitis B yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB) yang dapat berkembang menjadi penyakit kronis.

Penyakit hepatitis B merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya yang dapat menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan merupakan masalah kesehatan masyarakat dunia. Penyakit hepatitis B diderita lebih 300 juta penduduk dunia dari lebih dari 200 juta tinggal di negara berkembang seperti Asia. Satu diantara tiga yang menderita penyakit hepatitis B di dunia meninggal. Indonesia termasuk negara dengan endemisitas sedang sampai tinggi dengan prevelensi antara 3%- 20% (WHO, 2005). Hepatitis B merupakan pembunuh diam – diam karena banyak orang tidak mengetahui sudah terinfeksi sehingga terlambat untuk ditangani.

Makin tinggi prevelensi infeksi hepatitis B pada suatu tempat, maka makin banyak anak – anak dan bayi yang akan terinfeksi oleh virus tersebut karena sistem imun tubuh yang belum berkembang sempurna. Sampai saat ini penyakit hepatitis B belum ada obatnya sehingga perlu dioptimalkan upaya pencegahan. Salah satu pencegahan yang sangat efektif adalah dengan cara imunisasi hepatitis B. Imunisasi sangat penting untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit hepatitis B di Indonesia melalui imunisasi hepatitis B terhadap semua bayi yang baru lahir sedini mungkin (0-7 hari) setelah kelahirannya. Imunisasi hepatitis B adalah suatu usaha yang dilakukan dalam pemberian vaksin pada tubuh seseorang sehingga dapat timbul kekebalan terhadap penyakit hepatitis B (Depkes RI, 2004).

Pelaksanaan program imunisasi merupakan program penting dalam upaya pencegahan primer bagi individu dan masyarakat terhadap penyebaran penyakit menular. Pelaksanan program imunisasi merupakan program penting dalam upaya pencegahan primer bagi individu dan masyarakat terhadap penyebaran penyakit menular. Pelaksanaan imunisasi menjadi kurang efektif  bila banyak bayi yang tidak diimunisasi.

Menurut WHO  (Word health Organization), sedikitnya sebanyak 10 juta jiwa dapat diselamatkan pada tahun 2006 melalui kegiatan imunisasi. Karena itu sesuai dengan indikator SPM (Standar Pelayanan Minimal) desa UCI ((Universal Child Imunization) 100%, untuk cakupan imunisasi B pada bayi baru lahir  (0–7hari) sebesar 70% pada tahun 2009 (Dinkes Sultra, 2009) dan memperoleh MDGs (Milenium Development Goals), yaitu dalam hal kematian pada ibu dan anak.

Depan

BAB I

BAB II

BAB III

BAB IV

BAB V

DAFTAR PUSTAKA

Iklan

One thought on “DETERMINAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B (0-7 HARI) DI WILAYAH PESISIR KELURAHAN LEMO KABUPATEN BUTON UTARA TAHUN 2010

  1. This unique article, “DETERMINAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B (0-7 HARI) DI WILAYAH PESISIR KELURAHAN LEMO
    KABUPATEN BUTON UTARA TAHUN 2010 | Kumpulan Pikiran” was amazing.
    I am creating out a reproduce to demonstrate to my close friends.
    Regards,Shantell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s