PENGARUH SUMBER DANA TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA ANGGOTA KOPERASI

Kondisi perekonomian bangsa, dimana peran koperasi untuk mengatasi krisis ekonomi. Koperasi merupakan lembaga keuangan bukan bank yang dibentuk untuk mengelola dana yang dihimpun oleh anggota guna membiayai kebutuhan koperasi dan keanggotaanya. Dana tersebut dihimpun melalui simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela serta kegiatan usaha lainya yang dilakukan  oleh koperasi untuk mendapatkan SHU yang besar.

Dana yang dihimpun koperasi tersebut dikelola oleh manajemen koperasi selanjutnya dapat digunakan untuk pemberdayaan, perkembangan dan usaha lainya serta membantu anggota melalui pinjaman dengan ketentuan yang diatur dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dana tersebut disalurkan kepada yang memenuhi syarat untuk memperoleh kredit, seperti anggota koperasi dan masyarakat lain yang dianggap layak memperoleh kredit dari koperasi. Kelayakan pemberian kredit atau pinjaman koperasi sangat tergantung dari keberadan dana dan sumber dana yang diperoleh koperasi, oleh karena itu besar kecilnya dana yang dimiliki koperasi dapat memberikan pengaruh kepada aktivitas pemberian kredit pada koperasi karya samaturu.

Sumber dana koperasi yang sangat besar adalah kegiatan simpanan anggota. Semakin besar anggota memberikan simpananya, maka semakin besar pula dana yang tersedia didalam koperasi tersebut. Selain simpanan wajib dan simpanan pokok juga koperasi simpanan sukarela.

Kegiatan pemberian kredit pada anggota koperasi diatur berdasarkan kebijakan rapat anggota yang merupakan pemegang saham tertinggi didalam koperasi. Anggota yang layak memperoleh kredit biasanya merupakan anggota yang mempunyai simpanan tersebut sehingga dengan demikian kegiatan pengembalian kredit tersebut dapat dilakukan dengan lancar. Jumlah kredit atau pinjaman yang diberikan kepada anggota tergantung dari permintaan anggota dan kemampuan pengembalian kredit, sehingga arus kas dan perputaran modal didalam koperasi tidak mengalami hambatan.

Aktivitas pemberian pinjaman juga dilakukan pada koperasi karya Samaturu, sebagai salah satu koperasi yang beroperasi diwilayah  kendari Sulawesi Tenggara yang juga melakukan kegiatan Usaha Simpan Pinjam (USP), aktivitas ini membuat koperasi tersebut memberikan kesempatan kepada anggota untuk memperoleh kredit.

Selengkapnya: Bab I, Bab II, BAB III, DAFTAR PUSTAKA

Iklan

4 thoughts on “PENGARUH SUMBER DANA TERHADAP PEMBERIAN KREDIT PADA ANGGOTA KOPERASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s