Empat Jalur Kabinet SBY Sedang Berebut Pengaruh

Jakarta – Kepastian pasangan SBY-Boediono memenangkan Pilpres 2009 tinggal selangkah lagi setelah KPU menetapkan pemenang. Jika Mahkamah Konstitusi (MK) meneguhkan putusan KPU dan menolak gugatan 2 pasang capres lainnya, maka kemenangan SBY sudah final.

Karena itulah, sejumlah orang yang tergabung dalam tim sukses pasangan nomor urut 2 ini mulai merancang strategi untuk memasukkan tim dan gengnya di kabinet. Sumber detikcom di lingkungan istana menceritakan setidaknya ada 4 jalur yang saat ini sedang berebut akses ke inner circle SBY.

“Ada 4 jalur setidaknya yang saat ini berebut pengaruh ke Pak SBY. 4 jalur itu adalah, jalur hijau (tentara), jalur AS (anak-anak muda lulusan doktor di AS), jalur partai (masing-masing) dan jalur pengusaha (donatur SBY),” kata sumber detikcom, Selasa (4/8/2009).

Menurut sumber itu, masing-masing tim sedang bekerja keras untuk bisa masuk dalam kabinet. Bahkan untuk beberapa tim khusus seperti Jalur AS dan pengusaha sudah beberapa kali menggelar rapat di Singapura untuk membahas strategi memasukkan timnya dalam kabinet.

“Jadi gerakan para tim ini sudah sangat luar biasa. Mereka bahkan sudah menggelar rapat untuk bisa membentuk opini dan pendekatan kepada inner circle Pak SBY. Lihat aja, mana mungkin di media tiba-tiba muncul nama Anies Baswedan, Chatib Basri, Rizal Mallarangeng, dan lain-lain yang doktor lulusan Amerika itu,” paparnya.

Menurut pria itu, dari 4 jalur yang sedang berebut pengaruh itu, jalur AS dan Hijau yang paling keras pertarungannya. Perdebatannya pun sangat ideologis. Jalur Hijau menganggap sangat berbahaya kalau kabinet sangat dominan dengan komposisi dari wajah alumnus AS. Sementara jalur AS juga demikian, sangat bahaya jika kabinet SBY didominasi purnawirawan jenderal.

Sementara jalur yang paling lemah bargainingnya adalah jalur parpol, termasuk Partai Demokrat. Hal ini disebabkan karena komunikasi SBY dijauhkan dengan jalur parpol. Bahkan ada gerakan yang membuat posisi SBY benar-benar tak tersentuh dengan parpol dengan cara memberikan masukan setiap hari kepada SBY dengan isu-isu profesionalisme kabinet dan deparpolisasi.

“Jadi Partai Demokrat saja sudah mengeluh dengan susahnya masuk di lingkungan Pak SBY, apalagi parpol lain. Yang sedang sengit bertarung sekarang ini jalur hijau sama AS,” paparnya.

Saat ditanya apakah masing-masing jalur ini sudah mengajukan nama kepada inner circle SBY, sumber itu mengaku belum tahu persis. Namun, di internal masing-masing jalur sudah menyiapkan pos dan orang-orangnya.

“Apakah nama-nama yang disusun sudah dimasukkan atau belum saya belum tahu persis, tetapi kalau orang-orang dan di mana posnya saya yakin sudah mereka yang susun,” ujar dia.

Benarkah demikian? Memang hingga saat ini belum ada Partai Demokrat (PD) maupun orang dalam SBY yang bisa dikonfirmasi. Yang jelas, sumber lain mengatakan, mengenai isi kabinet nanti, SBY benar-benar tidak mau diganggu. “Isi kabinet menjadi prerogatif presiden. Kalau ada isu-isu semacam itu, Anda bisa menafsirkan sendirilah,” ujar sumber itu.

http://www.detik.com

Iklan

One thought on “Empat Jalur Kabinet SBY Sedang Berebut Pengaruh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s