DESAIN RUANG PEMBAKARAN PADA KOMPOR

Tanaman jarak pagar telah lama digunakan oleh masyarakat pedesaan di daerah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pohonnya digunakan sebagai pagar kandang hewan ternak dan bijinya yang kering digunakan untuk pengganti lampu pelita dan sebagai obor suluh, dimana bahan bakarnya dari biji jarak yang ditumbuk atau digiling kemudian dicampur dengan buah jamplung. Hasil tumbukan itu diletakan pada rautan bambu kemudian dinyalakan sebagai penerang bagi warga pedesaan di daerah Mataram.

Pengembangan minyak bumi dari tanaman jarak melalui pendekatan Ilmiah di Indonesia, dipelopori oleh Dr. Robert Manurung dari Institute Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 1997 dengan fokus ektrasi minyak dari tanaman jarak. Sejak tahun 2004 yang lalu, penelitian ini mendapat dukungan dari Mitsubishi Research Institute (MIRI) dan New Energi dan Industrial Technologi Derelopments Organication (NEDO) dari Jepang. Kemudian akhir-akhir ini tanaman jarak tengah di kembangkan oleh masyarakat sebagai bahan bakar kompor.

Pola pemanfaatan energi pada umumnya menggunakan energi yang tidak dapat diperbaharui seperti; batu bara, minyak bumi dan gas alam yang terkandung dalam perut bumi dimana persediaannya terbatas. Dengan mempertimbangkan hal di atas, dipandang sangat perlu untuk dikembangkan sumber-sumber energi alternatif, untuk bisa memanfaatkan sumber-sumber energi secara optimal dalam jangka waktu relatif panjang. Pengembangan sumber energi alternatif melalui bahan bakar biji jarak yang digunakan sebagai bahan bakar kompor mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan bahan bakar minyak khususnya minyak tanah yaitu; biji jarak dapat dikembangkan dalam jumlah yang banyak, mudah diperoleh, harganya relaif lebih murah dan tanaman jarak cocok tumbuh di daerah tropis serta ramah lingkungan.

Dengan demikian pemanfaatan bahan bakar alternatif khususnya biji jarak perlu dikembangkan untuk mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga bahan bakar minyak khususnya minyak tanah yang semakin meresahkan masyarakat.

Selengkapnya : DESAIN RUANG PEMBAKARAN PADA KOMPOR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s