Teroris Tumbuh Karena Kita

Imam SamudraTerlepas dari adanya ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan umum, baik pemilihan legislatif maupun presiden Indonesia telah sukses melewatinya tanpa gangguan yang mampu menggoncang bumi pertiwi. Tapi bom kembali meluluh-lantahkan harapan, angan-angan dan kebanggaan yang mulai bangkit ditengah keterpurukan global.

Maraknya gerakan indonesiaunite, sempat membangkitkan rasa nasionalis dan euforia kebangsaan. Tapi tentunya gerakan tersebut tidak artinya jika tidak diikuti dengan aksi-aksi nyata. Mari kita mulai dengan hal-hal yang kecil dan mulai dari diri sendiri untuk menangkal aksi-aksi teror terulang kembali di Bumi Pertiwi yang kita cintai ini.

Ada beberapa hal sedrhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah tumbuhnya teroris yang makin frontal:

1. Daripada mengeluh, mulailah dengan mempertajam rasa memiliki anda terhadap lingkungan sekitar. Jangan tidak perduli pada tetangga anda, para penjahat, dimanapun di seluruh dunia, bahkan yang sangat terlatih sekalipun, pasti akan menunjukkan gerakan-gerakan yang mencurigakan, atau karakter yang mencurigakan.

2. Kenali tetangga anda…..!!! Iya, anda mungkin kaya, anda mungkin terkenal, tapi apalah artinya kalau anda mati? Satpam anda, supir ataupun pembantu anda mungkin saja tidak mengenal siapa tetangga anda, tetapi anda harus mengenal lingkungan anda…!!!

3. Teruslah mengikuti berita, sebagaimana yang anda tahu, pengetahuan adalah raja…!!!

4. Mungkin anda sudah lupa, bahwa RT/Ketua lingkungan anda, RW, Lurah dan Camat adalah juga pelindung anda. Atau jika ada adalah salah satu dari pejabat, kenali penduduk anda… Identitas palsu para penjahat akan menyulitkan inteligen untuk menyusuri tindakan kriminalitas. Jika sebagai pejabat pemerintahan, anda pernah memberikan/mengeluarkan identitas palsu tersebut, maka anda bisa menganggap diri anda pembunuh, atau bagian dari gerakan teroris ini.

5. Jangan sok tahu. Laporkan segala hal yang mencurigakan. Jika anda merasa tidak melakukan hal yang salah, saya percaya anda pasti berani dan cukup cerdas untuk menunjukkan apa saja yang anda lakukan di dalam rumah anda. Mengganggu Privasi? Ah, pikir lagi deh.

6. Jangan terlalu berlebihan dalam menanggapi. Gak perlu melaporkan segala hal ke media, mereka bukan pihak yang berwenang, jadi mereka sama tololnya dengan kita. Laporkan Pada Polisi…!!! Jika anda adalah media, tolong, jangan berlebihan dalam menayangkan berita. Memang anda memiliki kebebasan pers, tapi anda tidak punya hak untuk menciptakan keresahan dalam masyarakat. Ingat, 80% penonton anda melakukan apa yang anda tayangkan/informasikan kepada mereka. So, please, bijaksanalah. Saya tahu memang tidak mudah, tapi jika anda hanya mengejar rating semata… apakah akan sebanding dengan mengorbankan negara kita?

Memang tidaklah mudah. Tapi untuk melakukannya cukup sederhana bukan? Dan tentu saja ini sangat berarti buat hidup kita, dan juga terutama untuk yang agama, bangsa dan Negara kita….!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s