KARAKTERISASI SIFAT BIOKIMIA HASIL PENAPISAN ISOLAT BAKTERI KITINOLITIK

Mikroorganisme adalah sumber enzim yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan tanaman dan hewan. Sebagai sumber enzim, mikroorganisme lebih menguntungkan karena pertumbuhannya cepat, dapat tumbuh pada substrat yang murah dan lebih mudah ditingkatkan hasilnya melalui pengaturan kondisi pertumbuhan. Enzim merupakan katalisator pilihan yang diharapkan dapat mengurangi dampak pencemaran dan pemborosan energi karena reaksinya tidak membutuhkan energi tinggi, bersifat spesifik, dan tidak beracun (Aunstrup et al., 1979).

Kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan yang semakin tinggi serta adanya tekanan dari para ahli dan pecinta lingkungan menjadikan teknologi enzim sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan berbagai proses kimiawi dalam bidang industri (Falch, 1991). Beberapa produk rumah tangga umumnya menggunakan enzim untuk mempercepat reaksi biokimia misalnya enzim dalam bubuk detergen yang dapat memecah protein atau lemak dalam pakaian; enzim di dalam makanan steak yang berfungsi untuk memecah protein di dalam serat daging sehingga mudah untuk dikunyah (Imron, 2006).

Sebagai salah satu negara dengan biodiversitas sangat besar karena keragaman lingkungan, Indonesia menyediakan banyak sumber isolat mikroba yang berpotensi memiliki nilai ekonomi penting. Pencarian isolat-isolat yang dapat digunakan dalam industri seperti isolat yang mampu menghasilkan enzim-enzim komersial perlu diupayakan (Suryanto et al., (2005).

Download Selengkapnya: BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, Implementasi, Lampiran

Iklan

2 thoughts on “KARAKTERISASI SIFAT BIOKIMIA HASIL PENAPISAN ISOLAT BAKTERI KITINOLITIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s