PENGARUH SINETRON RELIGIUS TERHADAP MENTALITAS REMAJA

cewek-jilbabDiciptakannya televisi serta maraknya pemanfaatan media elektronik ini dalam masyarakat, membuat televisi menjadi media informasi terpenting di kalangan masyarakat berbagai negara dunia. Di satu sisi, televisi dapat menjadi sebuah sumber informasi yang baik serta berperan penting dalam peningkatan pendidikan dan taraf pemikiran masyarakat, sekaligus dapat menjadi hiburan yang dapat menghilangkan berbagai stress sosial. Televisi juga dapat menjadi sarana pendidikan yang positif bagi anak-anak. Meskipun pemanfaatan televisi telah diupayakan sebaik mungkin, tetapi sayangnya langkah-langkah semacam ini masih jauh dari yang diharapkan. Di Barat, secara bertahap media elektronik ini telah berubah menjadi sarana yang ampuh untuk memarakkan budaya kekerasan dan kebebasan seksual, sehingga mengundang protes dari para pengamat sosial dan cendekiawan.

Televisi saat ini adalah sarana elektronik yang paling digemari dan dicari orang. Untuk mendapatkan televisi tidak lagi sesusah zaman dahulu dimana perangkat komunikasi ini adalah barang yang langka dan hanya kalangan tertentu yang sanggup memilikinya. Saat ini televisi telah menjangkau lebih dari 90 persen penduduk di negara berkembang. Televisi yang dulu mungkin hanya menjadi konsumsi kalangan dan umur tertentu saat ini bisa dinikmati dan sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan tanpa batasan usia. Siaran-siaran televisi akan memanjakan orang-orang pada saat-saat luang seperti saat liburan, sehabis bekerja bahkan dalam suasana sedang bekerjapun orang-orang masih menyempatkan diri untuk menonton televisi. Suguhan acara yang variatif dan menarik membuat orang tersanjung untuk meluangkan waktunya duduk di depan televisi.

Media informasi dan hiburan mempengaruhi siapa pun karena pada dasarnya dalam jiwa manusia yang kurang kritis ada kecenderungan untuk menerima semua sajian dalam media tanpa ragu. Banyak hal positif yang dapat kita peroleh dari media seperti informasi dan pengetahuan. Tetapi yang sangat disayangkan, kita lebih banyak menyerap dan menggandrungi sajian-sajian yang kontra versi untuk kehidupan remaja dan anak. Apabila kita sebagai remaja terbiasa mengonsumsi media semacam itu, maka apa yang ada dalam media tersebut akan menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi kebudayaan.

Selain itu perlu dilakukan tindakan preventif aktif, seperti selektif dalam memilih media bagi anak, sehingga tidak akan terjadi salah interpretasi di kalangan masyarakat. Meskipun kita tidak bisa berbuat banyak, besar harapan kita kepada para penguasa media agar menyajikan tayangan yang berkualitas, bukan tayangan fiktif, murah namun menyesatkan. Sebenarnya tidak ada alasan untuk memproduksi tayangan-tayangan yang tidak jelas muatan-muatan yang akan disampaikannya, karena hanya akan menjadi pencurian waktu. Apalagi bagi anak dan remaja yang sedang dalam proses pembelajaran tentang kehidupan. Bangsa ini akan, bahkan sedang menghadapi persaingan hidup di tanah airnya sendiri dengan bangsa lain.

Tayangan yang sesuai dengan realita kehidupan dan sesuai dengan kepribadian bangsa, akan jauh lebih baik bagi pembentukan kepribadian anak dan remaja. Dengan demikian media informasi dan hiburan akan menjadi pendukung utama dalam proses belajar dan pembentukan kepribadian anak dan remaja bangsa ini.

Selengkapnya

Iklan

2 thoughts on “PENGARUH SINETRON RELIGIUS TERHADAP MENTALITAS REMAJA

  1. exactly rite.. sinetron yang berkedok religi semakin memenuhi stasiun2 tv, padahal kontennya sangat ga jelas kemana mereka akan membawa para pemirsanya.. kekerasan, perselingkuhan, poligami, syirik yg akan merusak aqidah, justru akan meracuni otak2 generasi penerus.. semoga para penguasa media bisa menyajikan tayangan yang berkualitas.

  2. Benar neng, saya doakan neng menjadi produser senetron deha agar harapan itu dapat tercapai dan dapat memberikan arah yang jelas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan budaya lokal yang handal, namun tidak kampungan maksudnya bertindak lokal yang berwawasan global serta dapat mengena pada konsumen. Suatu contoh bila bulan ramadhan semua sentron religius semuannya muslim pasti menonton dan memang mengentuh hati. Sekali lagi semoga saja neng dapat menraih cita-cita dan visi untuk generasi muda, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s