KINERJA PUSKESMAS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

PuskesmasDalam rangka konsep penyusunan strategi peningkatan kinerja, maka langkah yang akan dilakukan adalah mengembangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut, terutama mengantisipasi perkembangan lingkungan internal maupun eksternal sebagai konsekwensi dari perkembangan era globalisasi dan penerapan liberalisasi ekonomi.

Tujuan organisasi yang telah ditetapkan wring tidak dapat diraih sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini dikarenakan tidak lain terjadinya gejolak dan kekisruhan ataupun perubahan yang terjadi pada lingkungan. Organisasi publik maupun privat didirikan tentu saja dengan tujuan yang berbeda-beda. Tujuan yang ditetapkan oleh suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh visi dan misi serta nilai­-nilai yang ada dalam organisasi tersebut, oleh karenanya tujuan organisasi yang baik akan merefleksikan orientasinya pada visi dan misi organisasi.

Seperti halnya kinerja Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat maka perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius terutama yang berkaitan dengan SDM (sumber daya manusia) yang bekerja pada organisasi tersebut, sehingga dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi pencapaian tujuan organisasi maka dituntut kesadarannya, profesionalisme, kedisiplinan dan kinerja yang setinggi mungkin sehingga roda organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efesien.

Dalam kaitannya hal tersebut diatas, maka untuk mewujudkan cita-cita Indonesia sehat 2010 yang memuat harapan agar penduduk Indonesia memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata serta berkesinambungan. Walaupun demikian, berbagai fakta menyadarkan bahwa pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata itu masih jauh dari harapan masyarakat dan membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh untuk mencapainya. (Anonim, 2003 :1).

Berkaitan dengan pentingnya aspek kesehatan dalam rangka pembangunan nasional yang disesuaikan pada kondisi sosial budaya dan geografis penduduk Indonesia, maka pada bulan November 1967 Pemerintah Republik Indonesia merumuskan program kesehatan terpadu sesuai dengan kondisi social dan kemampuan rakyat Indonesia yang dinamakan dengan PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) sebagai suatu pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kuratif dan preventif secara terpadu dan menyeluruh dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Dewasa ini Puskesmas telah didirikan di hampir seluruh pelosok tanah air dan bahkan untuk menjangkau seluruh wilayah kerjanya, Puskesmas Induk dibantu oleh Puskesmas pembantu dan Puskesmas Keliling. Tercatat pada tahun 2002 jumlah Puskesmas diseluruh Indonesia adalah 7.277 unit dan Puskesmas Pembantu sebanyak 2L587 unit serta Puskesmas Keliling 5.084 unit (perahu 716 unit dan Ambulance 1.302). (Warta Kesehatan Indonesia Edisi Oktober 2002)

Skripsi Selengkapnya

Iklan

19 thoughts on “KINERJA PUSKESMAS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

  1. My brother suggested I might like this blog.
    He was entirely right. This post truly made my day.
    You cann’t imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!

  2. I comment when I appreciate a article on a website or I have something to contribute to the discussion.
    It’s triggered by the fire communicated in the article I looked at. And after this article KINERJA PUSKESMAS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT | Kumpulan Pikiran. I was actually excited enough to drop a leave a responsea response 😛 I do have a couple of questions for you if it’s
    allright. Could it be only me or do a few of the comments look like
    they are left by brain dead folks? 😛 And, if you are writing at other places, I would like to keep up with you.
    Could you list all of all your shared pages like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  3. Great website you have here but I was wondering if you knew
    of any user discussion forums that cover the same topics discussed in this article?
    I’d really love to be a part of group where I can get opinions from other knowledgeable individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thanks!

  4. Pretty section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog
    posts. Anyway I will be subscribing to your feeds and
    even I achievement you access consistently rapidly.

  5. The other day, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see if it can survive a
    25 foot drop, just so she can be a youtube sensation.
    My apple ipad is now destroyed and she has 83 views.
    I know this is completely off topic but I had to
    share it with someone!

  6. I do not comment, but I browsed a ton of responses here KINERJA PUSKESMAS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT |
    Kumpulan Pikiran. I actually do have 2 questions for you if it’s okay. Is it simply me or does it appear like a few of the remarks look as if they are coming from brain dead visitors? 😛 And, if you are writing on additional online sites, I would like to keep up with you. Would you list of the complete urls of all your social community sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

  7. akan lebih optimal bila Puskesmas mampu mengoptimalkan asuhan keperawatan komunitas oleh perawat komunitasnya….

  8. Seharusnya kinerja Puskesmas diukur dari indikator program pokok yg hrs dijalankan oleh puskesmas. Paling tidak dari basic 7 who, bukan seperi saat ini terlalu banyak beban kerja, dan sda dan sdm yg terbatas. atau paling tidak pembebanan target tidak lagi terjadi.

  9. komitmen sektoral yang harus di dukung untuk menciptakan pembangunan berwawasan kesehatan, sementara ini komitmen hanya dibibir saja tanpa ada aplikasi yang nyata dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, hanya kekuasaan yang didituju, mata, telinga, tangan, kaki, hidung semua mati

  10. Puskesmas seharusnya terus berpacu meningkatkan mutu pelayanan juga dapat lebih meningkatkan aksesibilitas maskin dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar….
    menjadi puskesmas Idaman masyarakat kedepan tentunya.!

  11. Saya setuju, tapi mungkin karena kita masih negara miskin dan sedang berkembang, kesehatan masih barang mahal jadi yang primer dulu adalah berobat kalau sakit. Terima kasih

  12. puskesmas kan seharusnya lebih mengedepankan upaya preventif…
    tapi sayangnya, sampe skrg lebih menonjol kuratif dari preventifnya…

    masyarakat indonesia pun masih kurang peduli dengan upaya preventif…ke dokter kalo sakit aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s