PENGGUNAAN GALERI BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Dalam proses pembelajaran di dalam kelas, guru mempunyai peranan yang besar guna terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mempunyai kreatifitas dalam pembelajaran.

Pembelajaran yang semata-mata masih berfokus pada guru pada akhirnya akan berimplikasi pada siswa yang tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga mengakibatkan berbagai kesulitan belajar dan pada gilirannya prestasi belajarnya menurun.

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran biologi di SMPN 9 Kendari menunjukkan bahwa, dalam proses pembelajaran masih banyak siswa yang tidak tuntas pembelajarannya.

Sesuai dengan pengalaman hasil belajar tahun sebelumnya menunjukkan bahwa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan rata-rata hasil belajar yang diperoleh < 60 % dengan KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) adalah 70, sehingga guru melakukan remedial pada ulangan harian.

Hasil identifikasi masalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 9 Kendari disebabkan guru kurang memvariasikan metode/strategi pembelajaran. Dalam pembelajran guru lebih sering hanya membagikan buku kepada siswa dan kemudian memberi siswa kesempatan bertanya setelah itu kemudia guru menjelaskan hal yang tidak dimengerti, namun hanya siswa yang memiliki kemampuan dan mental yang tinggi yang dapat berperan aktif.

Selain itu strategi yang digunakan tersebut kurang sesuai dengan materi pertumbuhan dan perkembangan, hal ini yang berdampak pada prestasi belajar siswa yang kurang optimal.

Biasanya siswa dapat termotivasi belajarnya apabila materi yang diajarkan sesuai dengan model yang digunakan, selain itu jika dalam menerima materi system indra lebih banyak yang dilibatkan maka siswa akan lebih cepat memahami materi yang diajarkan, selain mendengarkan dapat pula melihat langsung apa yang di ajarkan oleh guru.

Oleh karena itu, sejalan dengan permasalah yang dihadapi oleh guru mata pelajaran maka penulis melakukan penelitian untuk mencari inovasi pembelajaran yang sesuai yaitu pendekatan galeri belajar pada model pembelajaran koperatif tipe STAD.

Dengan penggunaan galeri belajar pada model pembelajaran koperatif tipe STAD, pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan dianggap sesuai karena, galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini. Berdasarkan uraian tersebut, galeri belajar merupakansuatu metode pembelajaran yang mampu mengakibatkan daya emosional siswa untuk menemukan pengetahuan baru dan dapat mempermudah daya ingat jika sesuatu yang dimukan itu dilihat secara langsung. Galeri belajar juga dapat memotivasi keaktifan siswa dalam proses belajar sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lain maka dapat saling mengoreksi antara sesama siswa baik kelompok maupun antara siswa itu sendiri (Silberman, 2006 : 274).

Data selengkapnya dapat didownload di bawah ini :

Bab I

Bab II

Bab III

Daftar Pustaka

Lampiran 1

Lampiran 2

Lampiran 3

Lampiran 4


Iklan

One thought on “PENGGUNAAN GALERI BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s