SBY Menyerahkan Blok Migas Natuna ke Petronas

petronasSiapa yang menjadi partner Pertamina dalam mengelola Blok Natuna hingga kini masih misteri. Namun pihak Malaysia sudah berterima kasih kepada Presiden SBY yang sudah menawarkan Natuna agar dikelola BUMN migas negeri jiran, yaitu Petronas. Ungkapan terimakasih ini disampaikan langsung oleh (PM) Malaysia Dato Sri Mohd Najib bin Hj Tun Abdul Razak usai pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Kamis (23/4/2009). “Terima kasih kepada Presiden yang menawarkan supaya kawasan Natuna diusahakan oleh Petronas,” katanya.

Petronas memang masuk dalam short list Pertamina mengenai partner yang akan digandeng mengelola blok Natuna D Alpha. Namun hingga kini belum ada hasil resmi dari seleksi partner tersebut. Najib sendiri tidak menjelaskan apakah ungkapannya itu berarti Petronas menjadi partner Pertamina atau sebaliknya. Presiden SBY pun tidak menyinggung-nyinggung soal Natuna dalam konperensi pers yang digelar bersama. Distribusi Gas ke Malaysia dan Thailand Secara terpisah, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro menjelaskan, adanya skenario distribusi gas dari Blok Natuna D Alpha agar menggunakan transpipeline yang sudah tersedia ke Batam, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dengan menggunakan pipa berarti PT Pertamina (Persero) bisa mengurangi biaya investasi karena tidak perlu menurunkan kadar Co2 (Karbondioksida). “Natuna kalau dibawa pakai pipa bisa bawa gas dengan kandungan CO2 yang tinggi menggunakan LNG floating,” ujar Purnomo dalam seminar ‘Mampukah Sektor Migas Derkontribusi Menuju Kemandirian Energi Nasional’ di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (23/4/2009).

Untuk itu, lanjut Purnomo, pihaknya menyarankan untuk menggunakan kombinasi pipa dan LNG floating untuk menyalurkan gas. “Sehingga ada pemikiran sekarang kalau ada 50 TCF di East Natuna maka bisa gunakan kombinasi pipelines dan floating LNG,” ungkapnya. Jika itu terealisasi, lanjut Purnomo, maka Blok Natuna bisa menyuplai gas ke Batam, Malaysia dan Singapura. “Itu bisa bantu supplai ke sana seandainya kontraknya masih berjalan.” Purnomo menambahkan pihaknya juga sedang mencari kemungkinan-kemungkinan mendistribusikan ke daerah lain seperti Rayong, Thailand. “Mungkin masuk ke Rayong, Thailand. Sementara ini masih bicara soal kemungkinan harga kemungkinan bawa gas ke rayong. Sementara itu, kita masih persiapkan pengembangan natuna,” ungkapnya.

Iklan

One thought on “SBY Menyerahkan Blok Migas Natuna ke Petronas

  1. sebenarnya, pertamina sendiri mampu mengelola blok natuna, yah biasa ada udang di balik batu, selalu saja soal kekuasaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s