Pemilu Tidak Ada Manfaatnya

masyarakat-bawah-dan-pemilu2Pemilihan Umum (Pemilu) adalah suatu proses di mana para pemilih memilih orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan yang disini beraneka-ragam, mulai dari Presiden, wakil rakyat di pelbagai tingkat pemerintahan. Dalam Pemilu, para pemilih dalam Pemilu juga disebut konstituen, dan kepada merekalah para peserta Pemilu menawarkan janji-janji dan program-programnya pada masa kampanye. Kampanye dilakukan selama waktu yang telah ditentukan, menjelang hari pemungutan suara.

Setelah pemungutan suara dilakukan, proses penghitungan dimulai. Pemenang Pemilu ditentukan oleh aturan main atau sistem penentuan pemenang yang sebelumnya telah ditetapkan dan disetujui oleh para peserta, dan disosialisasikan ke para pemilih.

Setelah pemilu usai berbagai persoalan muncul, ada banyak caleg yang mengalami gangguan jiwa adapula yang membusungkan dada karena berhasil menduduki kursi legislatif. Permusuhan di dalam masyarakat dan keluargapun terjadi hanya karena persoalan dukung-mendukung. Yang tak kalah menariknya adalah para elit politik yang berusaha mengumpulkan kawan sebanyak-banyaknya untuk mengalahkan lawan-lawan mereka pada saat pemilu presiden, mulai dari koalisi M (monyet), Koalisi S (setan), dan lain sebagainya dipertontonkan kepada masyarakat untuk menunjukkan kekuatan mereka.

Masyarakat Bawah tidak pernah tahu bahwa sekian banyak Pemilu yang diadakan tidak pernah mengubah nasib mereka, walaupun partisipasi kalangan tersebut pada pemilu hampir mencapai 100%. Ini harus menjadi pertanyaan kepada kita semua masyarakat Indonesia apakah pemilu yang telah kita lakukan memberikan perubahan kepada Nasib Masyarakat kita.

Secara Pribadi saya mengatakan Tidak ada manafaat dari Pemilu……

Iklan

3 thoughts on “Pemilu Tidak Ada Manfaatnya

  1. Kalo dianggap tidak ada manfaatnya buat rakyat, mungkin sedkit ada benarnya. Tapi kalo ga ada manfaat sama sekali sih kayaknya nggak juga ya. Tapi kita berharap agar pemilu yang akan datang bisa lebih baik dan lebih selektif lagi dalam memilih parpol yang layak untuk ikut.

  2. denan cara bagaimana lagi kita akan menentukan siapa pemimpin kita, sedanga anda sendiri tak melihat adanya kemanfaatan dari pemilu? dengan yang bagaimana lagi?
    dan, kalau anda berpikir pemilu tak memberi manfaat, apa yang anda tawarkan untuk mengatasi semua itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s