BUTON UTARA BUTUH PEMIMPIN YANG BERPENGALAMAN

Paskah Reformasi, beberapa provinsi dan kabupaten-kabupaten baru bermunculan, setelah membebaskan diri dari dominasi dan hegemoni dari sebuah etnik atau kelompok dominan yang menjadi pengendali kekuasaan pada daerah tersebut. Daerah-daerah ini ibarat anak kecil yang baru lahir, matanya berapi-api, wajahnya innocent tapi pebuh dengan semangat, melihat kedepan dengan penuh harapan, seakan-akan matahari menjanjikan terang yang abadi bagi mereka. Penggalan lirik majas itu seakan sama dengan kondisi Daerah Buton Utara saat ini yang sebentar lagi akan memilih pemimpinnya.

Pilkada Buton Utara semakin dekat, beberapa figur pemimpin mulai bermunculan, dari yang berpengalaman mumpuni sampai pada figur yang minim pengalaman. Berbagai upaya telah dilakukan dari sosialisasi melalui media sampai terjun langsung ke masyarakat. Sebut saja seperti Drs. Ridwan Zakaria, M.Si, Ir. Musri Ma’waleda, M.Si, Drs. Abu Hasan, M.Pd, dan Marni Ansaad Mbai telah terang-terangan menyatakan diri siap bertarung pada Pilkada Buton Utara tahun 2008 ini.

Di antara beberapa calon tersebut di atas yang paling berpengalaman dalam bidang pemerintahan adalah Ridwan Zakaria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Buton dan sekarang menjabat kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sultra. Pengalaman lain dimiliki oleh Musri Wa’waleda sebagai dosen di Universitas Hasanudian Makassar, malang-melintang pada dunia penelitian dan Kontraktor sekarang dalam penyelesaian akhir program doctoral di Universitas Malaya Malaysia. Sama halnya dengan Abu Hasan yang telah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan, punya trik untuk mengembangkan pontensi sumber daya manusia di suatu daerah. Selanjutnya Marni Ansaad adalah seorang tokoh masyarakat paling di kenal di kalangan masyarakat Buton Utara karena suami beliau adalah seorang tokoh yang paling menonjol di Buton Utara bukan hanya di kenal di kalangan daerah tapi di kenal pula di level nasional. Rata-rata para tokoh-tokoh tersebut punya pengalaman organisasi yang matang baik pada saat menempuh pendidikan maupun setelah menjabat profesi masing-masing.

Buton utara adalah kabupaten baru yang membutuhkan pemimpin yang berjiwa juang untuk membangun daerah. Pembangunan yang dilakukan membutuhkan akselerasi yang seimbang untuk menuju pada taraf kesejajaran dengan daerah lain. Hal itu dapat dicapai jika pemimpin tersebut berpengalaman dalam memimpin daerah baik dalam birokrasi, pengembangan sember daya manusia maupun pengeksplorasian sumber daya alam yang ramah lingkungan. Dari beberapa tokoh di atas kirannya telah memenuhi prasyarat untuk memimpin Buton Utara lima tahun ke depan. Dengan tidak menyebut nama maka dalam pikiran kita akan muncul siapa sebenarnya yang pantas untuk memimpin daerah Buton Utara.

Melalui tulisan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Buton Utara yang sebentar lagi akan memilih pemimpinnya, agar dalam menentukan pilihan berdasar pada kriteria pemimpin yang betul-betul menjamin kemajuan Buton Utara di masa datang dan menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa “Buton Utara bukan butuh Tokoh tapi Buton Utara butuh Pemimpin”.

Iklan

2 thoughts on “BUTON UTARA BUTUH PEMIMPIN YANG BERPENGALAMAN

  1. Sya juga spakat, dan kita ktahui bahwa butur itu msi baru dan sngat btuh pemimpin yang berpengalaman untuk melaksanakan pembangunan daerah spaya lebih setara dengan kbupaten lain,atau mugkin supaya lebih maju karena butur itu dikenal bnyak kekayaan alamnya di banding dengan kabupaten lain.

  2. Sy sepakat dgn pndapat anda, bahwa pemimpin Butur hrus org yg brpengalaman artix sudah ada target yg dia harus cpai dalam krung brapa bulan spya msyarakat bsa melihat apa kinerja pemimpin kt skg. D kemudian seorang pemimpin dia hrus bsa brmsyarakat cntoh seperti fadel muhammad gubernur Gorontalo skg. Pemimpin butur skg in hrus bercermin d prov.Gorontalo bgm msyarakat d bwa bisa mningkatkn sumber daya manusianya. By afat putra bone lipu (kampo enta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s