Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VA SD Negeri 12 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Operasi Bilangan Pecahan Melalui Pendekatan Tutor Sebaya

KURNIATI NINGSIH OKTANNA, A1C1 01 042. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VA SD Negeri 12 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Operasi Bilangan Pecahan Melalui Pendekatan Tutor Sebaya”

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan tutor sebaya kemampuan siswa kelas VA SD Negeri 12 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VA SD Negeri 12 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan melalui pendekatan tutor sebaya. Manfaat penelitian ini adalah dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini guru dapat sedikit demi sedikit mengetahui pendekatan pembelajaran yang dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas, mempermudah cara pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita yang diajarkan, serta akan memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus yang diteliti disesuaikan dengan perubahan yang ingin dicapai seperti apa yang telah didesain dalam faktor yang diselidiki. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan sebelum diberikan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal sebagai bahan patokan dalam pembentukan kelompok dan pemilihan tutor serta digunakan dalam pengolahan nilai peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan. Adapun prosedur penelitian ini adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Sumber data penelitian ini adalah terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif melalui lembar observasi, tes hasil belajar dan jurnal. Cara pengambilan data tentang situasi belajar diperoleh melalui lembar observasi, data hasil belajar diambil dengan memberi tes pada siswa, dan data tentang refleksi diri serta perubahan yang terjadi di kelas diperoleh melalui jurnal.

bab-i.docbab-ii.docbab-iii.docbab-iv.docbab-v.docdaftar-pustaka.doc

Iklan

One thought on “Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VA SD Negeri 12 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Operasi Bilangan Pecahan Melalui Pendekatan Tutor Sebaya

  1. Untuk mbak kurnia, bisa kirimkan file instrumen seperti soal2 tes yang anda gunakan dalam penelitian ini. saya bemaksud mengambil ide anda untuk tugas akhir saya.
    terima kasih…
    jika anda tidak keberatan, tolong kirimkan ke email saya :
    ghandiraindie@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s