Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Nurwahyuni Latif, A1C1 03 052. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT hasil belajar matematika siswa kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari pada pokok bahasan limit fungsi dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari pada pokok bahasan limit fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari yang berjumlah 25 orang yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 19 orang perempuan, dengan kemampuan yang heterogen. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes prestasi belajar sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan jurnal refleksi diri. Sebagai indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah minimal 75% siswa telah memperoleh nilai minimal 6,0.

Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam mengajarkan pokok bahasan limit fungsi siswa kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari, prestasi belajar matamatika siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes awal, siswa yang memperoleh nilai minimal 6,0 sebanyak 24% meningkat pada siklus I menjadi 68% siswa memperoleh nilai 6,0, pada siklus II meningkat pula menjadi 68% dan pada siklus III siswa yang memperoleh nilai minimal 6,0 meningkat lagi menjadi 80%.


bab-i.pdf
,bab ii, bab-iii.pdfbab-iv.pdfdaftar-pustaka-nani.pdf

Iklan

One thought on “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI1A-1 SMA Muhammadiyah Kendari Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s